Rabu, 01 Februari 2017

PELAKSANAAN UJIAN KEJAR PAKET C TAHUN 2017 BERBEDA DENGAN TAHUN LALU

Ujian Nasional Kejar Paket C tahun 2017 sangat berbeda dengan tahun lalu, pada tahun ini, ujian nasional akan diselenggarakan pada hari sabtu dan minggu. Hal ini sesuai dengan juknis yang ditetapkan oleh kemendikbud bahwa pelaksanaan ujian nasional Pendidikan kesetaraan tidak lagi diselenggarakan pada siang hari melainkan pada pagi hari dan hari pelaksanaannya sabtu dan minggu.
Sedangkan bentuk pelaksanaannya masih menggunakan Papper base test ( Ujian berbasis kertas) berbeda dengan pendidikan formal yang menggunakan computer secara online (UNBK). UNBK belum dapat diterapkan pada Pendidikan Non formal dikarenakan belum siapnya peserta didik. Peserta didik yang heterogen dan masih banyaknya umur peserta didik yang bukan lagi usia produktif sangat menjadi kendala apabila UNBK diimplementasikan.
Penyelenggara ujian nasional nantinya adalah satuan pendidikan yang telah terakreditasi, dan apabila terdapat satuan pendidikan yang tidak terakreditasi tidak masalah dan peserta didik masih bisa mengikuti ujian nasional dengan cara satuan pendidikan yang belum terakreditasi menggabung dengan satuan pendidikan yang telah terakreditasi.
Pendidikan kesetaraan tidak diwajibkan mengikuti USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional), dan untuk nilai diambil dari Nilai Pendidikan Kesetaraan (NPK).
Penyelenggaraan Ujian Nasional Kejar Paket C serentak akan dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 16 April 2017 dan dilanjutkan pada minggu selanjutnya yaitu tanggal 22 s.d 23 April 2017.